Mengenal Gejala dan Siklus Kutu Rambut untuk Membasminya

Mengenal Gejala dan Siklus Kutu Rambut untuk Membasminya – Kutu rambut adalah gangguan yang paling sering dialami oleh anak-anak. Parasit kecil ini menular melalui pengidap atau akibat dari kurang menjaga Slot gacor depo 10k kebersihan rambut dan kulit kepala.Sejenis parasit ini memakan darah dari kulit kepala manusia. Cara menghilangkan kutu rambut dapat dilakukan menggunakan cara alami. Beberapa di antaranya minyak jelantah, cuka dan garam, serta menyisir saat rambut basah. Jika langkah itu tak juga ampuh, kamu bisa menggunakan obat semprot yang dijual bebas di apotik. Untuk hasil yang maksimal, kamu dapat menerapkan langkah ini secara rutin beberapa kali sehari.

Mengenal Gejala dan Siklus Kutu Rambut untuk Membasminya

Gejala yang Tampak pada Pemilik Kutu Rambut

Tanda dan gejala umum kutu kepala, yaitu:

  • Gatal. Ini menjadi tanda umum pada pengidap. Rasa gatalnya menjalar dari kulit kepala, bahkan hingga leher dan telinga. Ini adalah reaksi alergi terhadap gigitan kutu, yang biasanya terjadi selama 4 sampai 6 minggu.
  • Terasa ada yang bergerak. Saat diam, akan terasa ada yang berjalan di kulit kepala. Gerakannya cepat dan cenderung hilang saat digaruk.
  • Telur kutu pada batang rambut. Dari luar, akan tampak bintik-bintik kecil berwarna Link Slot Server Filipina kecokelatan di batang rambut. Telur ini paling sering terdapat pada rambut di dekat telinga dan leher.
  • Luka.¬†Munculnya luka pada kulit kepala, leher, dan bahu akibat garukan berlebihan. Terkadang muncul benjolan kecil berwarna merah akibat terinfeksi bakteri.

Segera periksakan diri jika mengalami gejala yang tak kunjung membaik. Apalagi jika ditambah dengan luka dan koreng yang semakin parah seiring waktu.

Mengenal Kutu Rambut dan Siklus Kehidupannya

Kutu rambut adalah serangga berwarna cokelat atau keabu-abuan berukukan sebiji stroberi. Kutu betina menghasilkan zat lengket yang berguna untuk menempelkan setiap telur ke dasar batang rambut. Ukurannya berkisar kurang dari 5 milimeter dari kulit kepala.

Kutu rambut melewati 3 siklus hidup, meliputi:

  1. Telur yang akan menetas dalam waktu 6 sampai 9 hari.
  2. Nimfa, yakni bentuk kutu dewasa yang terbentuk setelah 9 hingga 12 hari.
  3. Kutu dewasa, yang dapat hidup selama 3 sampai 4 minggu. Kutu betina bertelur 6 sampai 10 butir sehari.

Kutu rambut bergerak dengan merayap, tapi tidak dapat melompat atau terbang. Proses penyebarannya melalui kontak langsung dari kepala ke kepala atau menggunakan barang pribadi milik pengidap.Parasit kecil ini jarang menyebar tanpa kontak langsung. Sementara barang-barang pribadi yang berpotensi menularkan kutu rambut, antara lain topi, sisir, aksesoris rambut, harphone, bantal, dan handuk.

Tak hanya itu, kutu kepala juga dapat menyebar saat menyimpan pakaian di lemari yang sama dengan pengidap. Misalnya, menggantungkan akun pro server sensational topi atau syal dengan pengait yang sama atau menumpuk kerudung dengan milik pengidap.Faktanya, hewan peliharaan yang berada di rumah seperti anjing dan kucing, tidak berperan dalam menyebarkan kutu kepala. Sebab, jenis kutu badan mereka berbeda dengan jenis kutu yang menginfeksi kepala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *